hi y'all thanks for visiting this blog, hope you are going to gain advantage from this blog. thanks again. enjoy it!

Minggu, 25 Januari 2009

Anfaq - Cara masyarakat Rafah bertahan hidup di tengah blokade

Selama gempuran Israel ke wilayah gaza Palestina, sangat sering di gambarkan berita mengenai pengeboman di Gaza yang berupa terowongan. Dan jumlahnya cukup banyak yaitu 40 buah yang dihancurkan.
Terowongan yang disebut - sebut sebagai sumber masuknya logistik militer HAMAS untuk serangan ke Israel.

Terowongan ini disebut anfaq oleh warga lokal Rafah Palestina.
Anfaq muncul setelah blokade zionis Israel atas wilayah Gaza, dan termasuk perbatasan Gaza dengan Mesir di Rafah ditutup oleh Mesir.
Tujuannya sebagai media masuknya berbagai kebutuhan pokok bertahan hidup yang sangat susah ditemukan pasca blokade Israel terhadap Palestina. Tidak hanya kebutuhan bertahan hidup, namun juga persenjataan milisi HAMAS dalam berhadapan dengan Irael juga masuk Palestina melewati terowongan ini.

Soal Anfaq sendiri jangan membayangkan terowongan Mina di Mekkah Arab Saudi, ato terowongan Casablanca di Jakarta yang ada cerita penunggunya,terowongan anfaq merupakan terowongan semi permanen yang tugasnya khusus menghubungkan warga di Rafah Mesir dan Rafah Palestina. Ukurannya sangat kecil, hanya cukup dilewati satu orang dengan posisi tengkurap, soal keamanan juga sangat beresiko, tewas tertimbun adalah resiko pasti jika terowongan runtuh.

Namun warga yang menggunakannya tidak pernah mempermasalahkan resiko tersebut, mengingat hasil yang diperoleh dengan adanya anfaq - anfaq tersebut sangat meringankan beban mereka yang telah mendera mereka sebelumnya akibat blokade Israel.

Bila Israel mengklaim menghancurkan 40 maka itu belum seberapa dengan jumlah sebenarnya yang ada, yaitu 300 ( Jawa Pos ) lubang anfaq yang menembus perbatasan Palestina - Mesir. ( update soon )

Tidak ada komentar: